Rumus Matematika SD – Menghitung Luas dan Keliling Segitiga


Tahukah kalian bagaimana rumus untuk mencari luas dan keliling segitiga? Rumus dalam mencari luas bidang datar segitiga maupun juga rumus untuk mencari keliling segitiga harus sudah kalian ingat. Pasalnya, jika kalian tidak ingat maka kalian pun pasti akan kesulitan dalam menghitung atau mencari luas dan keliling segitiga tersebut.
 
Rumus Matematika SD – Menghitung Luas dan Keliling Segitiga
Gambar Bidang Datar Segitiga
Sebelum ke rumus untuk menghitung atau mencari luas segitiga, marilah terlebih dahulu kita ketahui juga apa sih bidang datar segitiga tersebut?
Dalam informasi yang kami kutip dari laman Wikipedia, Segitiga atau juga segi tiga (bahasa Inggris: triangle) merupakan nama suatu bentuk yang dibuat dari tiga sisi yang berupa garis lurus dan tiga sudut.
Matematikawan Euclid yang hidup sekitar tahun 300 SM menemukan bahwasannya jumlah ketiga sudut di suatu segi tiga pada bidang datar adalah 180 derajat (1800). Hal ini tentunya memungkinkan kita dalam menghitung besarnya salah satu sudut jika dua sudut lainnya telah diketahui.
Nah, setelah kalian mengetahui dan memahami apa itu bidang datar segitiga. Sekarang, mari kita lanjutkan ke pembahasan intinya yakni rumus menghitung luas dan keliling segitiga.
Rumus luas segitia
Rumus yang digunakan dalam mengitung atau mencari luas segitiga adalah sebagai berikut.
Luas = ½ x alas x tinggi
atau
L = ½ x a x t

Rumus keliling segitia
Sementara rumus untuk menghitung keliling dari segitiga adalah sebagai berikut.
Keliling : AB+BC+AC

Kalian hafalkan dan ingat selalu ya rumus untuk mencari luas dan keliling segitiga tersebut! Sehingga, apabila kalian disuruh untuk mengerjakan soal oleh gurumu dalam menentukan luas dan keliling segitiga, maka kalian pun akan dengan mudah untuk mengerjakannya.
Demikian pengetahuan tentang rumus matematika di SD tentang luas dan keliling lingkaran yang bisa kami sajikan. Semoga bermanfaat!

0 Response to "Rumus Matematika SD – Menghitung Luas dan Keliling Segitiga"

Posting Komentar