Materi Matematika Kelas 3 SD Untuk Mengenal Pecahan

Matematika Kelas 3 SD : Apakah kalian adalah siswa kelas 3 Sekolah Dasar? Atau Anda merupakan orangtua yang memiliki anak kelas 3 SD? Sebagai bahan pembelajaran di rumah, kali ini Nadi Guru akan menyajikan Materi tentang Pecahan sebagai salah satu  Materi Matematika Kelas 3 SD. Oke, kita lanjut ke bahasan materinya ya!
Sebelumnya, kami akan bertanya terlebih dahulu kepada kalian. Apakah kalian pernah memakan kue tart di rumah atau di tempat lain? Sebenarnya, potongan dari kue tart yang telah dimakan oleh kalian itu merupakan sebagiannya dari kue tart yang utuh. Mungkin saja, kalian hanya memakan kue tart tersebut setengahnya atau hanya seperenamnya saja. dimana, sisanya dimakan oleh adik kalian.
Untuk mulai memahami materi tentang pecahan. Cobalah kalian perhatikan gambar yang terdapat di bawah ini!
Materi Matematika Kelas 3 SD Untuk Mengenal Pecahan
Gambar via Buku Matematika Bse
Apa yang kalian lihat pada gambar di atas? Pada gambar di atas, terlihat seorang ibu yang sedang memotong kue tart. Ibu tersebut memotong kue tart tersebut menjadi sepuluh (10) bagian. Itu artinya, bahwa setiap potong kue tart tersebut merupakan sepersepuluh bagian dari kue tart utuh. Dimana, sepersepuluh itu adalah kata yang menyatakan “bilangan pecahan”. Selain itu, contoh lainnya misalnya seperlima atau satu perlima, seperdelapan atau satu perdelapan.

Mengenal Pecahan Sederhana
Pecahan sederhana yang akan dipelajari disini misalnya saja adalah pecahan setengah atau satu perdua dan seperempat atau satu perempat. Untuk memahami pecahan setengah dan seperempat, coba kalian perhatikan gambar A dan gambar B di bawah ini!
Materi Matematika Kelas 3 SD Untuk Mengenal Pecahan

Penjelasan Gambar A
1. Satu dibagi menjadi 2 bagian yang sama.
2. Nilai pada setiap bagian adalah satu per dua atau seperdua.
3. Yang diarsirnya adalah 1 dari 2 bagian, sehingga nilainya adalah satu perdua atau seperdua.
4. Lambang pecahan satu perdua adalah ½.

Penjelasan Gambar B
1. Satu dibagi menjadi 4 bagian yang sama.
2. Nilai pada setiap bagian adalah satu per empat atau seperempat.
3. Yang diarsirnya adalah 1 dari 4 bagian, sehingga nilainya satu perempat atau seperempat.
4. Lambang pecahan untuk perempat atau seperempat adalah ¼.

Demikianlah materi tentang Mengenal Pecahan yang bisa disajikan oleh Nadi Guru sebagai Materi Matematika Kelas 3 SD yang bersumber dari Buku Bse Depdiknas. Teruslah belajar untuk menggapai cita-cita kalian!

0 Response to "Materi Matematika Kelas 3 SD Untuk Mengenal Pecahan"

Posting Komentar