Contoh Soal UN Matematika SD Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Operasi Hitung Campuran Bilangan Cacah

Contoh Soal Ujian Nasional (US/M) Matematika SD Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Tentang Operasi Hitung Campuran Bilangan Cacah : Adik-adik yang saat ini sedang duduk di kelas 6, tentunya sebentar lagi akan menghadi Ujian Nasional (UN) yang saat ini dikenal sebagai Ujian Sekolah/ Madrasah (US/M). Sudah siapkah adik-adik menghadapi US/M tersebut? Sebagai persiapan dalam menghadapi UN atau US/M, kali ini kami akan menyajikan Contoh Soal UN Matematika SD Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Operasi Hitung Campuran Bilangan Cacah.
Contoh Soal UN Matematika SD Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Operasi Hitung Campuran Bilangan Cacah

Adapun Contoh Soal UN Matematika SD Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Operasi Hitung Campuran Bilangan Cacah adalah sebagai berikut.
Latihan 1
1. Bu Fatimah akan kedatangan tamu dari Jakarta. Bu Fatimah membeli 6 kotak kue yang setiap kotaknya terdapat 24 potong kue. Bu Fatimah akan memasukan kue itu ke dalam 8 buah piring dengan sama banyak. Maka jumlah kue dalam setiap piringnya adalah …
A. 24               C. 18
B. 28               D. 14

2. Hadi mempunyai 4 kantong plastik yang dalam setiap kantongnya terdapat 84 kelereng. Karena Hadi sayang pada adiknya, dia berikan 230 kelereng itu kepada adiknya. Maka, sisa kelereng miliki Hadi sekarang adalah …
A. 106             C. 240
B. 360             D. 56

3. Bu Maryati membeli 8 lusin pensil. Pensil itu akan diberikan kepada 16 anak asuhnya dengan sama banyak. Maka, setiap anak asuhnya akan memeroleh pensil … buah.
A. 6                 C. 8
B. 7                 D. 9

4. Pak Haryono mempunyai 24 karung beras. Setiap karungnya berisi 20 kilogram. Beras itu laku terjual kepada 60 pelanggannya dengan jumlah yang sama banyak per pelanggannya. Berapa kilogram bagian setiap pelanggan tersebut?
A. 16               C. 24
B. 32               D. 8

5. Salwa memperoleh hadiah dari bibinya berupa 10 kotak permen. Setiap kotaknya terdiri 20 permen. Salwa mengambil 32 permen untuk dirinya sendiri dan sisanya dibagikan kepada 24 temannya yang ada di sekolah dengan jumlah sama banyak. Berapa buah permen yang didapatkan oleh setiap teman Salwa tersebut?
A. 5                 C. 7
B. 6                 D. 8

Latihan 2
1. Pak Ahmad mempunyai 15 kolam ikan. Dimana setiap kolamnya berisi 4.500 ekor ikan Gurame. Ikan tersebut akan ditempatkan di 9 kolam dengan sama banyak. Berapa ekor jumlah ikan pada setiap kolam Pak Ahmad?
Jawab : ……………………………

2. Pedagang buah durian memiliki 8 karung yang berisi 12 buah durian di setiap karungnya. Durian itu sudah terjual di rumahnya sebanyak 14 buah sebelum ke pasar. Berapa sisa buah durian yang dibawa pedagang untuk dijual pasar?
Jawab : ……………………………

Demikian penyajian beberapa Contoh Soal UN Matematika SD Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Operasi Hitung Campuran Bilangan Cacah. Selamat belajar dan semoga sukses!

0 Response to "Contoh Soal UN Matematika SD Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Operasi Hitung Campuran Bilangan Cacah"

Posting Komentar